Pointerku
24-06-2018
semangat pagi,

Saya berusaha browsing, googling untuk mengetahui berbagai macam "Salam" atau "Greeting" dari perusahaan-perusahaan 500 Fortune khususnya yang sering menjadi buah bibir setiap case-case benchmark di leadership training atau manajemen training. Hampir 99,99% tidak ada kekhususan, saya mau bilang saya tidak menemukan tapi sepertinya lebih pas ada tetapi tidak ada kekhususan, ...walo ada salam2 dari para CeO perusahaan-perusahaan tersebut tetapi hampir tidak ada yang unik atau khusus.

Dalam banyak event-event besar Google baik internal maupun general, Sundar Pichai sang CeO lebih banyak memulai dengan sapaan "Good Morning, Thank You For being here", tapi banyak juga hanya memulai dengan 'greeting" tergantung waktu acara : Good Morning, Good Afternoon  dan lainnya. Tim Cook CeO Apple juga dalam banyak acara hanya memulai dengan senyum dan menyapa "Good Morning ...". Dan semua di sampaikan dengan santai tanpa tekanan-tekanan pengucapan maupun gaya tangan yang diangkat....smiley

Hal yang berbeda akan ditemui di banyak perusahaan Pelat Merah BUMN khususnya di perusahaan saya bekerja, Salam-salam khas penuh semangat menggema berganti-ganti bergantung pada "Siapa CeO nya dan apa Salam yang ditetapkan oleh Sang CeO tersebut. Dalam setiap Meeting, Apel Kesiapan Kerja, bahkan Sambutan Upacara Bendera, bergema menggelegar "Semangaaat Pagiiiiiiii...." di jawab dengan kepalan tangan tegas dan suara membahana "Pagi, Pagi, Pagi....". Bukan hanya saat pagi, bahkan siang, sore atau malam salam itu tetap membahana "Semangaaat Pagiiii". Getaran kebanggaan, Semangat menggelora dan Kerja yang tak pernah padam adalah harapan dari salam tersebut. 

Kalau sempat benchmark ke perusahaan-perusahaan di Asia khususnya Jepang, Korea, Hongkong, gaya salam yang unik menjadi ciri perusahaan tersebut, silahkan googling Employee Greeting Toyota Motor Japan, atau Bank-bank di Japan ketika pembukaan awal di pagi hari menyapa Customer, akan banyak di temukan culture yang mirip dengan perusahaan-perusahaan pelat merah di Indonesia. Apakah acuannya ke Perusahaan Japan, China, Korea ? yang tidak bantah adalah Acuan gaya Salam-salam unik untuk menjaga semangat menbara adalah dari Militer ....ya...Gaya Militerlah yang paling mirip blush, Salam Komando, salam Apel Pagi, sore, malam dan lainnya dapat ditemui di setiap kegiatan militer.

Apakah Salah ? tidak ada yang salah, setiap perusahaan boleh menetapkan culture nya sesuai dengan Visi dan Misi perusahaan, boleh menentukan bagaimana harus Greeting, Ceremoni ketika akan membuka pertemuan atau event, seragam dan lainnya. Bahkan Tidak Jarang ketika datang kunjungan dari Konsultan dari USA, Eropa atau SIngapore mereka terkagum-kagum melihat semangatnya salam kami.....kadang dengan senyum lebar mereka menyapa kami dengan salam khas kami ..."Semangat Pagiiiii"....dan kamipun ceria menjawab "pagi, pagi, pagi......"

Arsip

Insirasi Foto